Selasa, 06 November 2012

Wardah Olive Soft Scrub

Gara-gara beberapa waktu yang lalu beli Wardah Soft Scrub Strawberry, saya jadi penasaran untuk beli varian lain dari Wardah Soft Scrub ini. Sebenarnya kemarin itu pengen varian Lavender and Ginger, tapi karena stock-nya sedang habis, maka saya akhirnya memilih varian Olive.

Varian Olive ini adalah varian yang pertama kali dikeluarkan oleh Wardah. Tersedia dalam ukuran 250 ml dan 150 ml. Saya membeli yang 150 ml, kenapa? ya, namanya juga nyoba, yang kecil dulu aja, kalo cocok baru deh beli yang besar.

Kemasan Wardah Body Scrub Olive
Kemasannya terlihat modern ya, seperti kemasan body scrub produk dari luar negeri, dan tutupnya double, dimana lapisan luar adalah tutup kemasan, dan lapisan dalam untuk menjaga agar body scrub tidak tumpah atau menempel ke tutup bagian luar.

Wardah Body Scrub Olive
Tekstur varian Olive ini lebih kental dan padat dibandingkan dengan varian Strawberry. Scrubnya sendiri lebih halus, mungkin itulah sebabnya untuk varian olive ini dapat diaplikasikan di wajah. Aromanya sangat lembut and so relaxiiinggg. 

Cara pemakaiannya seperti body scrub pada umumnya, oleskan pada tubuh, diamkan sampai mengering, gosok perlahan sampai scrub rontok, dan terakhir, bilas dengan air. Body Scrub Wardah ini relatif cepat mengering, sehingga tidak perlu menunggu lama. Saya paling tidak suka bagian menunggu mengering untuk kemudian dirontokkan, maka hal tersebutlah yang menjadi salah satu alasan bagi saya untuk membeli varian lain dari Wardah Body Scrub. Pssstt, padahal varian Strawberry pun belum habis lho.. :D
 
Setelah penggunaan varian Olive ini, terasa lembab dan aromanya tercium lembut dan tahan lama. Akan lebih baik jika menggunakan body butternya setelah penggunaan body scrub. Saat ini sedang mempertimbangkan beli body butter, karena selama ini saya kurang suka menggunakan body butter. :D

+++:
+ Tekstur kental namun lembut, sehingga tidak menyakitkan saat proses perontokan Scrub.
+ Dapat digunakan di tubuh dan wajah.
+ Mudah kering.
+ Aroma lembut dan tahan lama, sooo relaxiiinngg.
+ Tutup kemasan ganda, sehingga terjaga dan tidak mudah tumpah.
+ Kemasan modern.

---:
- Gak ada!!

Harga: Umumnya sih Rp. 26.000, tapi kemaren dapat discount 10% :D
Isi: 150 ml, namun ada juga yang ukuran 250 ml

Repurchase?? Iyah, dan mau coba varian lain lagi.. Hehehe..

Senin, 05 November 2012

Wardah Exclusive Lipstick - 47 Light Rose

Pada umumnya perempuan menggunakan lipstick hampir setiap hari. Warna yang digunakan pun bermacam-macam, dari yang soft, sampai yang warnanya strong dan terang menarik perhatian. Wardah Exclusive Lipstick No. 47 seri Light Rose ini merupakan varian lipstick berwarna soft yang cocok digunakan untuk sehari-hari, atau saat menggunakan dandanan mata yang cukup menarik perhatian.

Label belakang Lipstick dan tampilan warna lipstick.
Warna Light Rose ini terlihat sangat pink pada kemasannya, padahal jika sudah dipulaskan ke bibir, warnanya cenderung lembut namun tetap cerah, dengan tekstur creme. Coverage-nya bagus dan cukup pigmented, bibir saya agak gelap, tertutup sempurna dengan 3 pulasan. Selain itu, warnanya memberikan efek mencerahkan ke wajah, cocok untuk yang berkulit kuning dan putih.

Swatch tanpa flash
Swatch dengan flash
Seperti lipstick wardah yang lainnya, salah satu kelemahannya adalah meninggalkan bekas warna merah di bibir, setelah menghapus lipsticknya. Jika dilihat lebih detail, di sebelah swatch pada pic di atas, terlihat sedikit semu pink, itu adalah lipstick yang saya oleskan, lalu saya hapus.

+++:
+ Warnanya soft namun memberi kesan segar pada wajah berkulit kuning atau putih.
+ Coverage bagus dan pigmented.
+ Kemasan modern, hijau doff metallic.

---:
- Setelah pemakaian yang agak lama, bibir terasa kering, sebaiknya gunakan lipbalm.
- Staying power biasa saja.
- Meninggalkan bekas kemerahan setelah lipstick di hapus.

Harga: Lupa, 30 ribu sekian deh.
Isi: 3,8 gram

Repurchase?? Mmmm, liat sikon deh.. :D

LT Pro - Shade and Tint Kit No. 02

Untuk mengakali beberapa bagian wajah yang kurang oke, biasanya dilakukan teknik shading dan highlight. LT Pro Shade and Tint Kit ini memang diperuntukkan untuk shading dan highlighting. LT Pro ini merupakan line professional dari La Tulipe. Seperti line professional pada umumnya, kemasan LT Pro ini berwarna hitam doff polos. 

Pada produk ini terdapat 2 pot, yang satu berwarna coklat tua untuk shading dan lainnya berwarna creme terang untuk highlighting. Ini dia penampakan sekaligus swatches-nya.

Produk dan Swatch tanpa flash
Produk dan Swatch dengan flash

Untuk penggunaannya biasanya saya gunakan shade untuk cuping hidung dan daerah rahang, sedangkan tint untuk batang hidung dan terkadang saya pakai juga untuk concealer. Selain itu, saya blend keduanya, pakai kuas besar, untuk menjadi dasar blush-on, saya pulaskan di garis tulang pipi sampai ke arah telinga, setelah itu baru saya gunakan blush-on. Efeknya, warna blush on terlihat lebih nyata, namun tetap lembut.

Saat darurat, shade and tint ini bisa dijadikan sebagai eye-shadow matte juga lho.. yang coklat tua saya pakai di kelopak mata, sedangkan warna creme di sisi dalam mata, dekat hidung, dan di dekat alis.

Kemasannya yang compact, memudahkan untuk dibawa, karena tidak terlalu 'makan' tempat. Seperti shading dan highlighting pada umumnya, produk ini tidak disertai kuas, namun, ada kaca yang cukup besar pada packaging productnya. Tekstur-nya agak powdery, jadi saat disapukan dengan kuas, produk akan menjadi berbentuk bubuk dan agak berantakan.

Ingredients dan logo halal-nya :)

+++:
+ Kemasannya bagus dan ukurannya compact, sehingga praktis dan terlihat exclusive.
+ Multifungsi, selain bisa untuk shading dan highlighting, bisa juga dijadikan sebagai eyeshadow matte.
+ Easy to blend.
+ Kaca pada kemasannya cukup besar.
+ Staying power lumayan deh.

---:
- Powdery.

Isi: 6 gram

Repurchase?? Maybe..

Minggu, 04 November 2012

Mengenal Gadai Emas di Bank Syariah

Dinar dan LM
Gambar dari Prime Pic BB Teman :D
Akhir-akhir ini si kuning berkilau, yang dikenal sebagai emas, ini sedang naik daun dan menjadi incaran para investor pemula. Umumnya investor pemula mengalokasikan dananya untuk membeli Logam Mulia (LM) atau Dinar

Yang semakin menarik dari Emas adalah jika investor butuh dana, tidak selalu harus menjual emasnya, ada alternatif lain, yaitu menggadaikan emas tersebut.

Sebenarnya sudah sejak dulu Pegadaian menerima Emas sebagai jaminan atas pembiayaan yang diberikan, selain tentu saja barang-barang lain yang bisa digadaikan di Pegadaian. Kemudian kini semakin di dukung dengan banyaknya Bank Syariah yang juga memfasilitasi pembiayaan dengan nama Gadai Emas atau Rahn. Berbeda dengan Pegadaian, Bank Syariah hanya memfokuskan produk Gadainya untuk jaminan berupa Emas. Sebelum berkenalan lebih jauh tentang gadai emas di Bank Syariah, mari mengenal apakah Gadai atau Rahn itu.

Gadai atau Rahn adalah menahan barang sebagai jaminan atas hutang. Jika dianalogikan, katakanlah Andi dan Budi melakukan aktifitas hutang piutang, Andi adalah pemberi hutang sedangkan Budi adalah penerima dana hutang. Budi kemudian menyerahkan Emas miliknya untuk jaminan atas hutangnya kepada Andi. Dalam kondisi ini Andi sebagai penerima barang jaminan disebut sebagai Murtahin, Emas berupa jaminan disebut Marhun dan Budi sang pemberi jaminan disebut Rahin.

Ketentuan yang berlaku dalam Gadai sebagaimana yang dilaksanakan oleh Andi dan Budi adalah:
  • Andi mempunyai hak untuk menahan Emas sampai Budi melunasi hutangnya.
  • Emas dan segala manfaatnya tetap menjadi milik Budi, Emas tidak boleh dimanfaatkan oleh Andi, kecuali seizin Budi, dan tidak mengurangi nilai emas, dan pemanfaatan emasnya sekedar pengganti biaya pemeliharaan dan perawatannya.
  • Pemeliharaan dan penyimpanan Emas pada dasarnya menjadi kewajiban Budi, sang pemilik Emas, namun dapat dilakukan juga oleh Andi, sedangkan biaya dan pemeliharaan penyimpanannya tetaplah kewajiban Budi.
  • Besar biaya pemeliharaan dan penyimpanan Emas tersebut tidak boleh ditentukan berdasarkan jumlah pinjaman.
  • Emas dapat dijual bila, (1) Saat jatuh tempo, Andi harus memperingatkan Budi untuk segera melunasi hutangnya, (2) Jika Budi tidak dapat melunasi hutangnya, maka Emas dapat dijual melalui lelang sesuai syariah, (3) Hasil penjualan Emas digunakan untuk melunasi hutang, biaya pemeliharaan dan penyimpanan yang belum terbayar serta biaya penjualan (4) Kelebihan penjualan menjadi hak Budi, dan kekurangannya pun tetap menjadi kewajiban Budi.

Kondisi yang sama pun berlaku di Bank Syariah, dimana Bank Syariah sama posisinya dengan Andi, yaitu pemberi hutang sekaligus penerima barang yang digadaikan, Emas adalah barang yang digadaikan, dan Nasabah sama posisinya dengan Budi yang berhutang dan sekaligus pemilik Emas.

Bagi yang belum pernah melakukan gadai emas di Bank Syariah, sebenarnya ada ketentuan-ketentuan khusus dalam proses gadai tersebut, yaitu:
  • Bank Syariah saat ini hanya menerima emas sebagai jaminan pada produk Gadai, emas tersebut bisa berupa LM, Dinar atau perhiasan dengan persyaratan khusus, umumnya Bank Syariah hanya menerima emas dengan kadar 16 karat atau lebih.
  • Biasanya Bank Syariah memiliki nilai/taksiran harga emas sebagai acuan dalam menghitung plafon pembiayaan yang dapat diberikan kepada nasabah. Selain itu, tentu saja Bank Syariah menyampaikan biaya pemeliharaan yang dikenakan kepada nasabah. Nilai taksiran dan biaya pemeliharaan ini dapat berubah-ubah sewaktu-waktu sesuai ketentuan Bank.
  • Seperti pembiayaan pada umumnya, pada pembiayaan gadai pun ada tanggal jatuh tempi untuk melunasi pembiayaan yang diterima nasabah. Namun demikian, nasabah dapat melunasi pembiayaannya lebih cepat dari tanggal jatuh tempo pembiayaan. Jika nasabah melunasi sebelum jatuh tempo, maka biaya pemeliharaan yang dibayarkan hanya biaya sampai periode pelunasan saja. Sedangkan periode pemeliharaan gadai berbeda-beda pada masing-masing Bank Syariah, ada yang per hari, per 10 hari, per 15 hari atau sesuai ketentuan Bank.
  • Pelaksanaan gadai ini prosesnya sederhana, bawa jaminan yang digadaikan, yaitu berupa emas, bawa KTP, memiliki rekening tabungan di Bank Syariah tersebut, lalu petugas bank akan menaksir emas dan memberitahukan pembiayaan yang dapat diberikan, nasabah setuju, diproses, lalu selesai.
  • Selanjutnya untuk menebus emas, nasabah hanya perlu menyediakan dana di rekeningnya sebesar pembiayaan ditambah biaya-biaya yang dikenakan, datang ke bank dengan membawa surat/sertifikat bukti gadai emas, KTP dan buku tabungan, petugas melakukan proses pelunasan dan pendebetan dari rekening nasabah, lalu barang jaminan dikembalikan kepada nasabah dalam kondisi baik dan utuh, selesai.
  • Jika pada saat jatuh tempo nasabah belum bisa melunasi hutangnya, maka umumnya nasabah diberi pilihan berupa: (1) menjual emasnya dengan sistem lelang, (2) memperpanjang pembiayaannya dengan ketentuan baru yang berlaku saat itu, umumnya ada perubahan plafon pembiayaan dan biaya pemeliharaan sesuai ketentuan Bank.

Layanan Gadai ini idealnya dimanfaatkan murni untuk pembiayaan saja, yaitu pada saat kita memerlukan dana cepat untuk memenuhi kebutuhan yang ada, misalnya modal usaha, biaya pendidikan atau biaya darurat seperti biaya rumah sakit. Saya pribadi tidak menyarankan pemanfaatan gadai emas di Bank Syariah untuk tujuan investasi, sebelum benar-benar mengetahui faktor resiko dan bersedia menerimanya. Perlu diingat bahwa harga emas fluktuatif, sehingga belum tentu dalam jangka waktu pembiayaan emas tersebut, kita dapat memperoleh keuntungan yang diharapkan. Mari kita bijak memanfaatkan layanan Gadai. :) 

Referensi: Fatwa Dewan Syariah Nasional Nomor 25/DSN-MUI/III/2002 tentang Rahn dan Nomor 26/DSN-MUI/III/2002 tentang Rahn Emas

Jumat, 02 November 2012

Wardah Eyeliner Pencil - Hitam

Dari awal berkenalan dengan dandan, paling suka untuk "nyorat-nyoret" mata, karena kalo udah dandanin mata, rasanya makin PD dan emang suka ama mata saya ini, langsung beda deh kalo udah didandanin, ehm.. narsis.. :D

Salah satu andalan untuk dandanan mata adalah eyeliner. Eyeliner ini bisa membuat mata terlihat lebih tegas, lebih besar dan lebih meruncing kayak kucing, ihiyy.. Warna eyeliner yang wajib dipunya adalah warna hitam, karena warna yang paling netral dan bisa dipakai disegala suasana, baik sehari-hari, semi formal, sampai acara formal.

Eyeliner pencil Wardah warna Hitam,
udah pendek, keseringan dipake.. Hehe..
Swatch, Kiri: eyeliner sekali poles
Tengah: eyeliner digosok dengan jari, sekitar 5 kali,
Kanan: eyeliner setelah dibasuh air

Secara keseluruhan, saya puas dengan eyeliner pencil wardah ini, kualitas oke dan tetap ramah dikantong, tampilan kemasannya pun lebih modern dengan warna silver. Selain itu warnanya langsung tebal dalam sekali oleh. Mantap dah..

+++:
+ Mudah diaplikasikan di mata dan warnanya langsung tebal meski sekali pulas.
+ Ujung pencil yang empuk sehingga gak bikin mata perih dan sakit saat menggunakan eyeliner.
+ Harga reasonable
+ Staying power lumayan lama, biasanya dalam sehari hanya sekali poles ulang.
+ Tidak luntur berantakan saat dikucek.
+ Tidak luntur saat terkena air.
+ Mudah dibersihkan dengan kapas basah atau dengan eye make-up remover.

---:
- Kalau jatuh, pencilnya mudah patah.
- Harus berhati-hati saat meruncingkan pencil, karena kalau diserut terlalu lama, pencilnya akan patah.

Harga: Rp. 37.000

Repurchase? Yes!!!

Natur Shampoo dan Hair Tonic

Beberapa waktu yang lalu saya dan suami mengalami kerontokan rambut yang cukup mengganggu, akhirnya dalam satu obrolan, kita sepakat mau coba pakai shampoo Natur. Kenapa shampoo Natur? Karena inget iklan shampoo Natur yang berbahan alami dan memang diperuntukan mencegah rambut rontok dan menyuburkan rambut.

Saat beli di supermarket, seperti biasa, saat mau beli produk baru, pasti deh bolak balik kemasan dan baca keterangan yang ada disana, daaannn seneng banget pas liat ada sertifikat halal-nya!! Yaay.. gak cuma dapat shampoo yang alami, tapi juga dapat shampoo yang bersertifikat halal. Gak hanya sampai disitu, ternyata ada promo shampoo sekaligus hair tonic Natur. Jadilah kami beli yang sepaket sekalian.

Sebenarnya shampoo Natur ini ada beberapa varian, karena  satu dan lain hal, kami memilih varian aloe vera atau lidah buaya untuk menyuburkan rambut. Sengaja memilih yang menyuburkan rambut, karena rambut kami udah terlanjur rontok, jadi udah gak guna juga buat dicegah, mending sekalian rambutnya disuburkan, sehingga menggantikan rambut yang sudah rontok itu.

Kiri: Natur Shampoo, disuduk kanan bawahnya ada logo halal,
Kanan: Natur Hair Tonic, logo halalnya ada di sisi belakang label produk
Saat akan menggunakan produk Natur ini, saya agak khawatir dengan aromanya, karena beberapa tahun yang lalu saya pernah menggunakan shampoo Natur dan gak suka banget sama aromanya yang bener-bener kayak jamu. Ternyata eh ternyata, tampaknya Natur sudah berinovasi sehingga aroma shampoonya enak, segar dan wangiii..

Penggunaannya sih seperti shampoo dan hair tonic pada umumnya ya, setelah keramas, gunakan hair tonic sampai ke kulit kepala, sambil dipijat lembut. Sehabis berkeramas, rambut terasa halus dan lembut. Setelah beberapa lama pemakaian produk secara rutin, rambut terasa agak gatal-gatal, tapi gatalnya mungkin karena proses tumbuhnya rambut ya. Selain itu, kerontokan rambut berkurang lho..

+++:
+ Bahannya alami.
+ Aromanya wangi, namun tetap aroma alami.
+ Mengurangi kerontokan rambut
+ Bisa dipakai setiap hari.

---: 
- Secara berkala ada saat-saat kepala terasa gatal, tapi ini memang proses pertumbuhan rambut baru.
- Aromanya kurang tahan lama.

Harga: Rp. 35.000 (sepaket)
Isi: 140 ml (shampoo), 125 ml (hair tonic)

Repurchase: Yes