Selasa, 21 September 2010

Catat Tanggal Beli

Sekarang ini lagi punya kebiasaan baru yaitu mencatat tanggal pembelian, terutama pada kosmetik dan barang-barang kebersihan harian.

Sebenernya sih kebiasaan baru ini dipicu "penemuan" obat mata yang udah lama gak dipake dan udah kadaluarsa -untung tanggal kadaluarsanya tertulis di kemasan- padahal kemasannya masih bagus lho.. abis itu langsung deh merhatiin beberapa barang lainnya yang penggunaannya cukup lama, apalagi kebanyakan produk menulis tanggal kadaluarsa di kemasan segel atau di dus, yang umumnya justru terbuang pada awal penggunaan produk.

Gak kebayang aja kalau gak sengaja pakai obat jerawat yang udah kadaluarsa.. bukannya ngobatin, malah nambah penyakit deh.. hehehehehee...

Manfaat lainnya dari pencatatan tanggal pembelian adalah kita cenderung "rajin" menggunakan produk tersebut. Saya sendiri suka banget beli produk-produk kebersihan dan kosmetik, tapi males make-nya. Misal nih, susu pembersih, udah beli dan niat rajin bersihin muka pake susu pembersih tiap hari, tetep aja semangatnya di awal pembelian, abis itu suka males-malesan dan nunggu mood rajinnya lagi. Naaahh kalau ditulis tanggal pembeliannya, kan jadi tau tuh udah berapa lama produk itu tersimpan di meja kita, dan merasa sayang kalau gak dipake.

Oh ya, pernah dapet info juga di salah satu tabloid wanita (lupa edisi dan tanggal terbitnya) bahwa kosmetik dan produk kebersihan itu sebaiknya digunakan maksimal 1 tahun sejak pembelian, meskipun tanggal kadaluarsanya lebih dari itu. Hal ini karena produk yang sudah terbuka lebih mudah terkena udara dan terkontaminasi, sehingga lebih cepat rusak.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar